THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES
Ao~..... Minna hajimemashite \^o^/ Hope it will be useful for our live ^^

Jumat, Juli 15, 2011

PKL di Lab. RSPC



Profil Singkat RSPC
• Pada tahun 1973, dikelola oleh PT Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP)
• 1996 berganti nama menjadi RS Pertamina Klayan (RSPK) Cirebon.
• Pada tanggal 8 Agustus 2002, PT RSPP berganti nama menjadi PT Pertamina Bina Medika (Pertamedik).
• Mulai tanggal 7 September 2004, RS Pertamina Klayan Cirebon berganti nama menjadi Rumah Sakit Pertamina Cirebon (RSPC).

Visi dan Misi
VISI
Menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan profesional yang bermutu tinggi, manusiawi, terjangkau dan terbaik se-Jawa Barat.

MISI
• Mengelola rumah sakit, poliklinik dan fasilitas kesehatan lainnya secara mandiri, efektif dan efisien.
• Memberikan Jasa Layanan Kesehatan bagi pegawai perminyakan dan keluarganya, masyarakat luas yang berorientasi kepada kepuasan stake holder (pelanggan, mitra kerja, pekerja dan pemegang saham)
• Aktif dalam Program Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat.


Alat - Alat Baru

ABX Pentra 400
Prinsip :
Cahaya putih dari lampu tungsten halogen dikumpulkan oleh lensa yang memadat. Ketika dicerminkan oleh cermin yang melipat dan dibentuk oleh lensa kedua, berkas cahaya putih lewat melalui pengukuran cuvette dimana saling berhubungan dengan campuran reaksi. Cahaya yang muncul dari cuvette kemudian bergabung dengan celah masuk spektrograf oleh lensa ketiga. Cermin konkav menyebarkan cahaya putih datang ke dalam radiasi monokromatik dan memantulkannya ke PDA ( Pixel Digital Analogical) detektor pixels.


Bio Rad D-10
• Metode : High Performence Liquid Chromatography(HPLC)
• Prinsip : Hemoglobin A1C akan dideteksi menggunakan Bio Rad D-10, yang mana merupakan suatu alat analisa otomatis yang terdiri dari modul tunggal yang menyediakan suatu metode terintegrasi untuk persiapan sampel, separasi, dan penentuan persen relatif dari hemoglobin spesifik (misalnya, A2, F, A1c) dalam whole blood.


Electrolyte Analyzer 9180
Pemeriksaan elektrolit darah biasanya dilakukan dengan flame photometer, dimana biasanya sample diencerkan dengan ion referensi yang mengandung konsentrasi tertentu (biasanya Lithium atau Cesium), lalu diuapkan dan melewati suatu flame yang akan membangkitkan kation-kation.


Photometer 5010 V5+
• Metode : Fotometri
• Prinsip :didalam alat ter-dapat program, panjang gelombang, dan faktor untuk masing-masing jenis pemeriksaan, sehingga alat akan mengukur sample sesuai dengan jenis pemeriksaan. Sample yang telah ditambahkan reagen diaspirasikan oleh pipa khusus. Proses pengetesan dilakukan secara semi otomatis dan hasil pembacaannya dikonversikan menjadi hasil akhir tes kuantitatif.


Accu-check Advantage
ketika darah diteteskan pada strip pada alat blood glukosa test TIP, glukasa dalam darah bereaksi dengan reagen kimia yang ada dalam test TIP. oksigen dan enzim glukosa oksidase memecah glukosa dalam sampel darah. Glukonik acid dan hydrogen peroksida diproduksi dari reaksi tersebut.enzim peroksidase membantu hydrogen peroksida bereaksi dengan dye sehingga menghasilkan warna merah anggur.intensitas warna yang terbentuk sebanding dengan kadar glukosa dalam darah.layar blood glucose test TIP akan menampilkan kadar glucose darah setelah reaksi sempurna.


ABX Pentra XL 80
Prinsip Cara Otomatis :
Pemuatan Rak
Pentra XL 80 akan mengijinkan pemuatan rak tabung sampel selama tahap operasi. Rak akan ditempatkan dan ditarik ke dalam mesin, dimana terjadi perputaran dan pengambilan sampel pada setiap tabung di dalam rak. Micro-switches mendeteksi rak yang ditempatkan pada baki pemeriksaan.
Tabung sampel dideteksi dan tabung besar disesuaikan dengan adanya dua gulungan detector dalam mekanismenya. Sensor akan selalu ada untuk melihat posisi rak setiap waktu selama proses pemeriksaan.

Pemutaran Sampel
Putaran 360 ujung ke ujung selama kira-kira 1 menit merupakan pencampuran yang optimal. Wadah tempat tabung berisi 2 ruang yang bekerja berhubungan dengan tabung sampel.


ABX Micros 60
Mekanisme Alat :
Kompartemen membagi sel darah menjadi dua bagian yaitu sel darah yang tidak berinti (Red Blood Cell/RBC dan Trombosit) dan sel berinti (White Blood Cell/WBC). Masing-asing sel dilewatkan pada impedals/celah dengan tegangan arus. Jumlah sel ditentukan berdasarkan diameternya. RBC digunakan untuk menentukan Hb (berasal dari sel berinti yang dilisiskan, bereaksi dengan reagen dan diukur dengan photometer), Ht, eritrosit, trombsit, MCV, MCH, MCHC, RDW, MPV, dan PDW ditentukan berdasarkan perhitungan otomatis. WBC digunakan untuk penentuan jumlah sel leukosit, hitung jenis leukosit (Limfosit, Monosit, Granulosit).


Mini Vidas
Prinsip : Mini-Vidas adalah Immunology Analyzer yang bekerja secara otomatis dengan menggunakan technology pembacaan Enzyme-Linked Fluoresence Immuno-Assay (ELFA). Reagen strip siap pakai dan fase padat berupa Solid Phase Reseptacle (SPR). Proses pengetesan dilakukan secara otomatis dan hasil pembacaan fluorescence yaitu Relative Fluoresence Value (RFV) akan dikonversikan menjadi hasil akhir tes kualitatif maupun kuantitatif.

0 komentar:

My Mood


Cute Purple Flying Butterfly


 
Copyright© All Rights Reserved ukhovi.blogspot.com